PENGARUH PERKEMBANGAN IT
TERHADAP REMAJA
Dosen : EMILIANSHAH BANOWO
Disusun Oleh : Muhammad Kahfi
NPM : 54417101
Kelas : 1IA12
UNIVERSITAS GUNADARMA
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya
sehingga tugas Makalah yang berjudul “PENGARUH PERKEMBANGAN GADGET TERHADAP
REMAJA” ini dapat saya selesaikan. Makalah ini saya buat sebagai kewajiban
untuk memenuhi tugas.
Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan terimakasih yang dalam kepada
semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi
terwujudnya makalah ini. Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk
mewujudkan kesempurnaan makalah ini penulis sangat hargai.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
belakang
Berabad-abad lamanya manusia hidup dalam kebodohan, hidup
dalam keterbelakangan akan ilmu pengetahuan, beberapa negara di dunia
telah membuktikan eksistensinya dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di
negara maju telah membuktikan keberhasilan dalam membuka dan mengemukaakn hal
yang tidak ada sebelumnya yaitu di bidang ilmu pengetahuan, Bangsa barat
menduduki urutan pertama dalam kemajuan di bidang ilmu pengetahuan terutama
kemajuan teknolgi, dengan banyak di temukan dan di ciptakan hal-hal yang menunjang
kehidupan dengan demikian ilmu-ilmu lain pun tebuka dengan sendirinya.
perubahan pun tejadi secara perlahan tapi pasti.
Dewasa ini telah kita rasakan arus globalisasi yang tidak
terkendali, Budaya barat masuk dengan sendirinya kedalam negeri ini, budaya
barat telah menggeser posisi segala bidang atau aspek kehidupan di negara kita
ini, kini telah di rasakan negeri ini banyak kehilangan budaya atau pun adat
istiadat akibat globalisasi dari perkembangan teknolgi yang datang secara
perlahan . sehingga manusia tidak sadar akan dampak globalisasi sehingga
manusia hidup dengan ketidaktahuannya.
Sebuah karya tulis ini ingin mengungkap dan membuktikan,
agar manusia terutama di kalangan remaja lebih waspada dalam menghadapi
perkembangan tekhnogi. Berhati-hati dan bersikap profesinal dalam menghadapi
kehidupan, Banyak orang yang salah fungsi dalam menggunakan Gadget yang hari
demi hari selalu tampil dengan inovatif yang bisa membuat orang yang melihatnya
tertarik. Di desain dengan semaksimal mungkin sehingga manusia tidak bosan
untuk melihat sekaligus meggunakannya, tetapi kesalahanya mereka tidak tahu
akan fungsi gadget yang sebenarnya.
Fahami hidup ini dengan ilmu. Karena ilmu yang telah
menciptakan perkembangan itu sendiri, ilmu yang telah mengajak manusia untuk
hidup lebih praktis. Dan dengan ilmu juga manusia bisa membatasi arus
globalisasi ini terutama di bidang teknolgi. Dengan di tulisnya karya tulis ini
membantu kita untuk mengetahui ilmu perkembangan zaman. Karena banyak orang
yang sudah menjalani tetapi tidak mengerti akan fungsi dan tujuan sebuah gadget
sebenarnya.
1.2 Rumusan masalah
1.Apa yang dimaksud
dengan Gadget?
2.Sebutkan manfaat Gadget untuk kehidupan?
3.Jelaskan latar belakang perkembangan Gadget di Ind0nesia?
4.Bagaiman proses masuknya Gadget di kalangan remaja?
5.Apa dampak negatif dari perkembangan Gadget di lihat
6. Dari
aspek kesehatan,sosial dan ekonomi?
7.Sebutkan dampak positif dari perkembangan Gadget?
1.3 Tujuan penulisan
1. Untuk memberikan informasi tentang Gadget.
2. Untuk memberikan
informasi akan penggunaan Gadget.
3. Untuk memberikan
informasi tentang dampak positif dan negaif dari perkembangan gadget
4. Untuk engingatkan para
pengguna Gadget agar selalu waspada.
1.4 Manfaat
penulisan
2. Menambah wawasan penulis
tentang Gadget.
3. Menambah ilmu untuk
pembaca karya tulisan ini.
4. Memberikan hal
menarik untuk penulis dan pembaca.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi gadget
1. Definisi Gadget Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah
yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang
umumnya diberikanterhadap sesuatu yang baru.
Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya
Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya
2. Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang
elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering
diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan
lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan
teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan
gizmos.
2.2 Jelaskan
Perkembangan teknologi di Indonesia?
Teknologi sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio
dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu
belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran,
seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah
memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus
berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan
munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. • Satelit
Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern
dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan
kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya.
Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan,
penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan
perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung
sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga
semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu
mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya
sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal
computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan
sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan
tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer. •
Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan
dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah
untuk keperluan hiburan.Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK
dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah
mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita
bahas beberapa ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu
kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang
konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995).
Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan
pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah
(Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes
(flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa
pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R.
(1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh
jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi. Dari saalah teknologi mulai
berkembang dan semua jenis gadget di ciptakan jadi, lebih dasarnya perkembangan gadget di pengaruhi oleh perkembangan
Internet.
2.3 Proses masuknya Gadget di kalangan remaja?
Proses masuknya gadget di kalangan remaja dengan
berbagai faktor, Saat ini Perkembangan
Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat pedesaan, hal
ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi Informasi. Bayangan,
penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai Smarphone, android , I-Pad,
Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya
dimilikioleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar,
Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan
meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan cakrawala, dan
ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi
lainnya.
Gadget masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak
disadari oleh remaja yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang
sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget
yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana
atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut
semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya gadget atau
gadget di jadokan sebagai life style yang menyebabakan kesenjangan ssial
terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan ekonomi atas.
2.4 Pengaruh negatif dari perkembangan gadget dilihat
dari segi kesehatan, budaya
sosial dan ekonomi?
Dampak negatif perkembangan gadget dari:
Dengan berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja
mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan
gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi
tidak sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut
akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
1. Segi kesehatan
1. Peningkatan resiko
kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
2. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa
mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
3. Penggunanaan cahaya atau pencerahan maksimal
secara berkala pada ponsel,komputer, tablet dan lain bisa mengakibatkan perih
pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat.
2. Segi budaya
1. Lunturnya adat atau
kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
2. Masuknya budayabarat secara perlahan tanpa adanya
filterasi dari mereka yang mengikuti.
3. Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada
prodak asing.
3. Segi sosial
1. Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya
sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.
2. Cenderung tidak bisa
mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langgsung
3. Lebih banyak konflik yang terjadi dan tidak ada
upaya untuk menyelesaikan masalah.
4. Cenderung cepat bosan ketika ada orang yang
measehati.
5. Banyak mengeluh ketika sbanyak masalah.
6. Egois tidak tekendali
7. Orang-orang
disekitanya selelu dijadikan korban kemarahannya.
8. Orang yang yang banyak bergaul dengan gadget
hidupnya sedikit tidak teratur.
4. Segi ekonomi
Banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di
bidang ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di
setiap keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru.
Dan masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tenpa
di idasari dari segi keilmuan.
2.5 Pengaruh positif
dari perkebangan gadge
Dengan perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak
terkendali sehingga banyaknya sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah
di kemukakan di atas, di sisi lain tidak hanya dampak negatif saja yang di
timbulkan tetpai ada sisi positif yang di timbulkan dari perkembangan gadget,
seperti berikut ini :
1 .Komunikasi menjadi lebih praktis.
2. Anak yang bergaul dengan dunia
gadget cenderung lebih kreatif
3. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.
4. Manusia menjai
lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang menuntut
mereka untuk hidup lebih baik.
Di atas merupakan beberapa dampak yang di timbulkan dari perkembangan
gadget,dan masih banyak lagi manffat yang di timbulkan dari maraknya gadget.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 kesimpulan
1. Jadi pengertian gadget adalah sebuah peranti atau
instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang
umumnya merujuk pada sesuatu yang baru, gadget dalam pengertian umum di anggap
sebagai suatu perangkat ellektronik yang memiliki fungsikhusus pada setiap
prangkatnya contohnya komputr.
2. Perkembangan teknologi saling berhubungan dengan
perkembangan gadget.yang di hasilkan dari perkembangan teknologi adalah gadget.
3. Gadget masuk di kalangan remaja secara perlahan dan
tidak disadari. Gadget berkembang tidak haya di kalangan perkotaan saja tapi
gadget dengan mudahnya masuk kepada remaja yang ada di pedesaan.seiring waktu
berjalan semakin hari gadget hadir dengan penampilan yang inovatif.
4. Perkembangan gadget memberikan dampak negatif terhadap
kesehatan seperti tumbuhnya sel kanker bagi penggyna gadget. Hilangnya
kebiasaan akibat perkemnbangan gadgetdari sisi budaya. Hidup menjadi menjadi
tidak teratur dan selalu fokus terhadap sesuatu yang instan merupakan dampak
dari sisi sosial dan banyaknya kerugian akibat konflik yang terjadi karena
maraknya gadget dari segi ekonomi.
5. Gadgetbselain memiliki sisi negatif tapi di sisi lain
gadget memiliki banyak manffat seperti, dengan berkembangnya gadget manusia
hidup menjadi lebih mudah, komunikasi terjalin kapan pun di mana pun,
Komunikasi menjadi lebih praktis dan lain-lain.
3.2 Saran
Orang bijak mengatakan “ Tempatkan lah
sesuatu pada tempatnya”
Jadi pada intinya dengan perkembangan gadget di
indonesia terutama remaja yang benyak yang menjadi korban perkembangan gadget
itu hendaklah kita terus waspada menghadapi perkembangan gadget, nikmatilah
dengan baik perkembangan gadget, jangan memakskan diri untuk memiliki gadget
dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung atau face to face, Dan peran
orang tua lebih penting dalam membimbing anak menghadapi perubahan zaman.
Daftar pustaka
1.htpp//duniagadget.co.id
2.www.definisi//wikipedia/gadget.com
3.www.kumpulan artikelteknologi.com
4.http//teknologiindonesia.co.id
5.http. Wikipedia.com
6.http//kemajuanteknologi.co.id
Komentar
Posting Komentar