Langsung ke konten utama

PENGARUH PERKEMBANGAN IT TERHADAP REMAJA

PENGARUH PERKEMBANGAN IT TERHADAP REMAJA
Dosen : EMILIANSHAH BANOWO




Disusun Oleh : Muhammad Kahfi
NPM : 54417101
Kelas : 1IA12
UNIVERSITAS GUNADARMA
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yang berjudul “PENGARUH PERKEMBANGAN GADGET TERHADAP REMAJA” ini dapat saya selesaikan. Makalah ini saya buat sebagai kewajiban untuk memenuhi tugas.

Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi terwujudnya makalah ini. Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk mewujudkan kesempurnaan makalah ini penulis sangat hargai.




Penulis












BAB I
PENDAHULUAN

    1.1  Latar belakang
Berabad-abad lamanya manusia hidup dalam kebodohan, hidup dalam keterbelakangan  akan ilmu pengetahuan, beberapa negara di dunia telah membuktikan eksistensinya dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di negara maju telah membuktikan keberhasilan dalam membuka dan mengemukaakn hal yang tidak ada  sebelumnya yaitu di bidang ilmu pengetahuan, Bangsa barat menduduki urutan pertama dalam kemajuan di bidang ilmu pengetahuan terutama kemajuan teknolgi, dengan banyak di temukan dan di ciptakan hal-hal yang menunjang kehidupan dengan demikian ilmu-ilmu lain pun tebuka dengan sendirinya. perubahan pun  tejadi secara perlahan tapi pasti.
Dewasa ini telah kita rasakan arus globalisasi yang tidak terkendali,  Budaya barat masuk dengan sendirinya kedalam negeri ini, budaya barat telah menggeser posisi segala bidang atau aspek kehidupan di negara kita ini, kini telah di rasakan negeri ini banyak kehilangan budaya atau pun adat istiadat akibat globalisasi dari perkembangan teknolgi yang datang secara perlahan . sehingga manusia tidak sadar akan dampak globalisasi sehingga manusia hidup dengan ketidaktahuannya.
Sebuah karya tulis ini ingin mengungkap dan membuktikan, agar manusia terutama di kalangan remaja lebih waspada dalam menghadapi perkembangan tekhnogi. Berhati-hati dan bersikap profesinal dalam menghadapi kehidupan, Banyak orang yang salah fungsi dalam menggunakan Gadget yang hari demi hari selalu tampil dengan inovatif yang bisa membuat orang yang melihatnya tertarik. Di desain dengan semaksimal mungkin sehingga manusia tidak bosan untuk melihat sekaligus meggunakannya, tetapi kesalahanya mereka tidak tahu akan fungsi gadget yang sebenarnya.
Fahami hidup ini dengan ilmu. Karena ilmu yang telah menciptakan perkembangan itu sendiri, ilmu yang telah mengajak manusia untuk hidup lebih praktis. Dan dengan ilmu juga manusia bisa membatasi arus globalisasi ini terutama di bidang teknolgi. Dengan di tulisnya karya tulis ini membantu kita untuk mengetahui ilmu perkembangan zaman. Karena banyak orang yang sudah menjalani tetapi tidak mengerti akan fungsi dan tujuan sebuah gadget sebenarnya.

 1.2      Rumusan masalah
 1.Apa yang dimaksud dengan Gadget?
            2.Sebutkan manfaat Gadget untuk kehidupan?
            3.Jelaskan latar belakang perkembangan Gadget di Ind0nesia?
            4.Bagaiman proses masuknya Gadget di kalangan remaja?
            5.Apa dampak negatif dari perkembangan Gadget di lihat
            6. Dari aspek kesehatan,sosial dan ekonomi?
            7.Sebutkan  dampak positif dari perkembangan Gadget?

1.3 Tujuan penulisan
1. Untuk memberikan informasi tentang Gadget.
2. Untuk memberikan informasi akan penggunaan Gadget.
3. Untuk memberikan informasi tentang dampak positif dan negaif dari perkembangan gadget
4. Untuk engingatkan para pengguna Gadget agar selalu waspada.

1.4  Manfaat penulisan
2. Menambah wawasan penulis tentang Gadget.
3. Menambah ilmu untuk pembaca karya tulisan ini.
4. Memberikan  hal menarik untuk penulis dan pembaca.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi gadget
1. Definisi Gadget Menurut Wikipedia, Gadget (Bahasa Indonesia: acang) adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikanterhadap sesuatu yang baru.
   Gadget dalam pengertian umum dianggap sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya. Contohnya: komputer, handphone, game konsole, dan lainnya
2. Gadget adalah sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.
2.2  Jelaskan Perkembangan teknologi di Indonesia?
            Teknologi sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer. • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan.Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi. Dari saalah teknologi mulai berkembang dan semua jenis gadget di ciptakan jadi, lebih dasarnya perkembangan gadget di pengaruhi oleh perkembangan Internet.

2.3 Proses masuknya Gadget di kalangan remaja?
            Proses masuknya gadget di kalangan remaja  dengan berbagai faktor, Saat ini Perkembangan Dunia Teknologi peranti lunak sudah menembus sampai ke tingkat pedesaan, hal ini merupakan sebuah kemajuan khususnya di bidang Teknlogi Informasi. Bayangan, penduduk didaerah pedesaan sangat banyak memakai Smarphone, android , I-Pad, Laptop dan lan sebagainya. Sehingga memudahkan mengakses dunia Informasi.
Bandingkan, pada masa lalu Instrumen semacam itu hanya dimilikioleh kalangan menengah keatas dan hanya di kawasan Kota-kota besar, Dapat dikatakan orang desa sangat jarang memiliki Gadget sehingga kemajuan meninggalkan mereka. Baik ketinggalan Informasi, perkembangan cakrawala, dan ketinggalan berita peristiwa yang terjadi didaerah lain dan belahan bumi lainnya.
Gadget masuk di kalangan remaja dengan perlahan dan tidak disadari oleh  remaja yang menjadi korban perkembangan gadget, alasan yang sangat klasik dari seseorang yang di wawancarai seputar perkembangan gadget yang marak di kalangan remaja, Menurutnya gadget bukan hanya sebagai wahana atau media komunikasi tapi di jadikan sebagai ajang bergangsi yang menuntut semua remaja untuk selalu mengikuti tren baru dari maraknya  gadget atau gadget di jadokan sebagai life style yang menyebabakan kesenjangan ssial terjadi di kalangan ekonomi bawah,menengah,dan ekonomi atas.



2.4 Pengaruh negatif dari perkembangan gadget dilihat dari segi kesehatan, budaya
            sosial dan ekonomi?

 Dampak negatif perkembangan gadget dari:
            Dengan berkembangnya gadget di semua kalangan terutama dikalangan remaja mengakibatkan banyaknya kerugian dari segi kehidupan, seperti dampak penggunaan gadget terhadap kesehatan, hilangnya budaya akibat maraknya gadget, sosialisasi tidak sempurna dan banyak orang yang merugi akibat penipuan dan lain lain. Berikut akan di kemukakan beberapa kerugian dari aspek kehidupan.
1. Segi kesehatan
1. Peningkatan resiko kanker dari penggunaan ponsel karena radiasi yang di berikan.
2. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit bisa mengakibatkan ketulian (acoustik neourema).
3. Penggunanaan cahaya  atau pencerahan maksimal secara berkala pada ponsel,komputer, tablet dan lain bisa mengakibatkan perih pada mata dan lebih parahnya bisa menimbulkan rabun dekat.
2. Segi budaya
1. Lunturnya adat atau kebiasaan yang berlaku di daerah tersebut krena kesibukan menggunakan gadget.
2. Masuknya budayabarat secara perlahan tanpa adanya filterasi dari mereka yang mengikuti.
3. Hilangnya rasa nasionalisme dan lebih cinta pada prodak asing.

3. Segi sosial
1. Cenderung autis atau asyik dengan gadgetnya sendiri sehingga tidak memperhatikan hal-hal yang ada disekitarnya.
2. Cenderung tidak bisa mengkontrol diri sendiri akibat sosialisasi yang terjadi secara tidak langgsung
3. Lebih banyak konflik yang terjadi dan tidak ada upaya untuk menyelesaikan masalah.
4. Cenderung cepat bosan ketika ada orang yang measehati.
5. Banyak mengeluh ketika sbanyak masalah.
6. Egois tidak tekendali
7. Orang-orang disekitanya selelu dijadikan korban kemarahannya.
8. Orang yang yang banyak bergaul dengan gadget hidupnya sedikit tidak teratur.
4. Segi ekonomi
Banyak terjadi kerugian akibat perkembangan gadget di bidang ekonomi seperti adanya atau banyaknya penipuan, keuangan tidak stabil di setiap keluarga akibat harus memenuhi keinginan anaknya membeli gadget terbaru. Dan masih banyak lagi kerugian yang diakibatkan oleh perkembangan gadget tenpa di idasari dari segi keilmuan.

2.5  Pengaruh positif dari perkebangan gadge
Dengan perkembangan gadget yang begitu cepat dan tidak terkendali sehingga banyaknya sisi negatif yang di timbulkan seperti yang telah di kemukakan di atas, di sisi lain tidak hanya dampak negatif saja yang di timbulkan tetpai ada sisi positif yang di timbulkan dari perkembangan gadget, seperti berikut ini :
            1 .Komunikasi menjadi lebih praktis.
            2. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif
            3. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.
      4. Manusia menjai lebih pintar berinovasi akibat perkembangan gadget yang menuntut   mereka untuk hidup lebih baik.
            Di atas merupakan beberapa dampak yang di timbulkan dari perkembangan gadget,dan masih banyak lagi manffat yang di timbulkan dari maraknya gadget.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 kesimpulan
1. Jadi pengertian gadget adalah sebuah peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya merujuk pada sesuatu yang baru, gadget dalam pengertian umum di anggap sebagai suatu perangkat ellektronik yang memiliki fungsikhusus pada setiap prangkatnya contohnya komputr.
2. Perkembangan teknologi saling berhubungan dengan perkembangan gadget.yang di hasilkan dari perkembangan teknologi adalah gadget.
3. Gadget masuk di kalangan remaja secara perlahan dan tidak disadari. Gadget berkembang tidak haya di kalangan perkotaan saja tapi gadget dengan mudahnya masuk kepada remaja yang ada di pedesaan.seiring waktu berjalan semakin hari gadget hadir dengan penampilan yang inovatif.
4. Perkembangan gadget memberikan dampak negatif terhadap kesehatan seperti tumbuhnya sel kanker bagi penggyna gadget. Hilangnya kebiasaan akibat perkemnbangan gadgetdari sisi budaya. Hidup menjadi menjadi tidak teratur dan selalu fokus terhadap sesuatu yang instan merupakan dampak dari sisi sosial dan banyaknya kerugian akibat konflik yang terjadi karena maraknya gadget dari segi ekonomi.
5. Gadgetbselain memiliki sisi negatif tapi di sisi lain gadget memiliki banyak manffat seperti, dengan berkembangnya gadget manusia hidup menjadi lebih mudah, komunikasi terjalin kapan pun di mana pun, Komunikasi menjadi lebih praktis dan lain-lain.
3.2  Saran
    Orang bijak mengatakan “ Tempatkan lah sesuatu pada tempatnya”
            Jadi  pada intinya dengan perkembangan gadget di indonesia terutama remaja yang benyak yang menjadi korban perkembangan gadget itu hendaklah kita terus waspada menghadapi perkembangan gadget, nikmatilah dengan baik perkembangan gadget, jangan memakskan diri untuk memiliki gadget dan tetaplah menjaga komunikasi secara langsung atau face to face, Dan peran orang tua lebih penting dalam membimbing anak menghadapi perubahan zaman.



Daftar pustaka
1.htpp//duniagadget.co.id
2.www.definisi//wikipedia/gadget.com
3.www.kumpulan artikelteknologi.com
4.http//teknologiindonesia.co.id
5.http. Wikipedia.com
6.http//kemajuanteknologi.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

biografi fiersa besari

Fiersa Besari adalah lelaki kelahiran Bandung tanggal 3 Maret. Setelah menyelesaikan studinya di STBA Yapari ABA Bandung, Bung (Sapaan akrab Fiersa Besari) yang sudah lama jatuh cinta pada dunia musik membuat sebuah studio komersil pada tahun 2009. Di sana pulalah ia merekam karya-karyanya. Bung pun menyebarkan lagu-lagunya di www.soundcloud.com/fiersa hingga kini. Pada tahun 2012, Fiersa membuat sebuah album dengan jalur distribusi independen berjudul 11:11. Tak disangka, album 11:11 terjual habis. Sukses tersebut disusul dengan sebuah mini-album berjudul Tempat Aku Pulang yang dirilis tahun 2013. Mini album ini adalah sebuah album perpisahan sebelum akhirnya ia berkeliling Indonesia untuk mencari jati diri.  Sekembalinya Fiersa di akhir 2013 membuat ia menjadi lebih kritis dalam berkarya. Pada tahun 2014, Tempat Aku Pulang dilengkapi menjadi empat belas lagu dan diedarkan dalam bentuk fisik serta digital.  Tahun 2015 Fiersa menghadirkan album terbarunya yang bertajuk "K

DUA

ASA disaat ku terjatuh kau menjelma tuk merindu melipurkan perasaan gelisah sampai tumbuh persaan baru yang kita mau... kau meredam semua pilu karena bahagia bisa kita cipta ....

Prasangka,Diskriminasi dan Etnosentrisme

MAKALAH Prasangka,Diskriminasi dan Etnosentrisme  Sebagai Penghambat Pembangun di Indonesia Dosen : EMILIANSHAH BANOWO Disusun Oleh : Muhammad Kahfi NPM : 54417101 Kelas : 1IA12 UNIVERSITAS GUNADARMA KATA PENGANTAR Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang diberikan-Nya sehingga tugas Makalah yang berjudul “Prasangka,Diskriminasi dan Etnosentrisme” ini dapat saya selesaikan. Makalah ini saya buat sebagai kewajiban untuk memenuhi tugas. Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan terimakasih yang dalam kepada semua pihak yang telah membantu menyumbangkan ide dan pikiran mereka demi terwujudnya makalah ini. Akhirnya saran dan kritik pembaca yang dimaksud untuk mewujudkan kesempurnaan makalah ini penulis sangat hargai. Penulis BAB 1 PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Hidup bermasyarakat adalah hidup dengan berhubungan, baik antara individu–individu, individu – kelompok, kelompok – kelompok, maupun anta